TNI-Polri Siapkan Pengamanan Kunjungan SBY ke Papua


PAPUA - Pihak kepolisian berjanji akan mengambil sikap tegas atas adanya kegiatan separatis di Papua menyusul rencana kunjungan kerja Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono ke Papua, dalam rangka membuka secara resmi pelaksanaan kegiatan Raimuna Nasional ke X di bumi perkemahaan (BUPER) Waena, Kota Jayapura pada tanggal 25 Juni 2012 mendatang.

Hal itu menyusul adanya pernyataan yang disampaikan oleh Pimpinan Organisasi Papua Merdeka(OPM) Wilayah Keerom, Papua, Lamberth Pekikir bahwa kedatangan SBY ke Papua akan disambut dengan pengibaran bendera bintang kejora (bendera kemerdekaan OPM.red).

Kapolda Papua Irjen Polisi Bigman Lumban Tobing mengatakan situasi kamtibmas di wilayah Papua saat ini masih kondusif walaupun beberapa waktu terakhir telah terjadi sedikit gangguan kamtibmas di wilayah Puncak Jaya, dan adanya upaya-upaya dari sekelompok masyarakat yang hendak memisahkan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia namun secara keseluruhan situasi kamtibmas tetap kondusif.

"Kita semua warga masyarakat termasuk media juga turut bertanggung jawab dalam menciptakan situasi Papua kondusif. Sebagai tuan rumah pelaksanaan Raimuna ke X kita semua bertanggungjawab dalam menciptakan situasi Papua menjadi kondusif dan anda rekan-rekan wartawan juga mempunyai tanggung jawab dalam menciptakan situasi kondusif di Papua,dengan memberikan pemberitaan yang sejuk soal keamanan di Papua” jelas Kapolda Bigman di Papua, Senin(21/5/2012).

Saat disinggung adanya pernyataan Pimpinan Organisasi Papua Merdeka Wilayah Keerom, Papua, Lamberth Pekikir bahwa kedatangan SBY ke Papua akan disambut dengan pengibaran bendera bintang kejora (bendera kemerdekaan OPM.red) Kapolda Papua, Inspektur Jenderal Polisi (Irjen. Pol) Bigman Lumban Tobing yang ditemui Tribunnews.com usai meninjau kesiapan pembangunan fasilitas di arena bumi perkemahan Waena, Jayapura menegaskan pihaknya akan menindak tegas setiap kelompok yang berupaya mengganggu stabilitas keamanan di Papua.

”Saya akan tangkap dan tindak tegas itu kelompok-kelompok yang hendak mengacaukan situasi di daerah ini,”tegas Kapolda Bigman

Adanya penambahan Pasukan keamanan menjelang kedatangan SBY ke Papua menurut Kapolda tidak ada penambahan pasukan dalam pengamanan kunjungan orang nomor satu di republik ini dan dalam pengamanan pelaksanaan Raimuna Nasional ke X , hanya aparat organik TNI dan Polri yang ada di Papua cukup untuk melaksanakan tugas Pengamanan tersebut.

”Tidak ada penambahan pasukan di Papua hanya perkuatan pasukanorganik
kita yang ada di Papua yaitu TNI/ Polri yang kami kerahkan untuk pelaksanaan pengamanan tersebut,”kata Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda mengharapkan
situasi dan kondisi Kamtibmas di Papua yang telah berjalan baik untuk tetap dapat dipelihara dan dijaga dengan kerja sama semua komponen masyarakat di daerah Ini. Agar kegiatan Raimuna Nasional ini dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Pelaksanaan Raimuna Nasional ke X akan berlangsung di bumi perkemahan (BUPER) Waena, yang akan berlangsung mulai tanggal 25 Juni 2012 sampai dengan 1 Juli 2012, dan akan di buka secara resmi oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono.

Kegiatan akbar ini juga akan diikuti oleh sekitar 10.000 peserta anggota Pramuka dari Pramuka Penegak, usia 16-20 tahun, dan Pandega, 21-25 tahun. Pesertanya perwakilan dari Kwartir Cabang Kabupaten dan Kota se-Indonesia.

Serta delegasi kepanduan dari empat negara ikut turut serta, yakni Papua Nugini, Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

0 Response to "TNI-Polri Siapkan Pengamanan Kunjungan SBY ke Papua"

Posting Komentar

United Liberation Movement for West Papua (ULMWP)

K A R O B A N E W S

Entri yang Diunggulkan

ULMWP Dijamin ‘Full Member’ di MSG

Delegasi pada pertemuan Menteri Luar Negeri MSG, di Fiji,  16 Juni 2016 - Melanesian Spearhead Group secretariat Jayapura –  Dengan ma...

Free West Papua

Suara Papua